Berita Terbaru             -  Actemra® (Tocilizumab) dan Risiko Hepatotoksisitas            -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019            -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)

Berita




Pada tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 10 April 2017, Badan POM kembali menyelenggarakan Workshop/Peningkatan Kompetensi Farmakovigilans kepada Tenaga Kesehatan di RS Universitas Udayana, Denpasar. Selain tenaga kesehatan di RS Universitas Udayana, turut hadir juga Plh Balai Besar POM di Denpasar, Ibu Dra. Luh Putu Witariati, Apt dalam workshop farmakovigilans ini.

 

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kompetensi dan awarenees tenaga kesehatan mengenai farmakovigilans sehingga dapat menjadi panduan dalam melakukan pemantauan dan pelaporan efek samping obat ke Badan POM.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh dr. Made Ayu Haryati, MARS selaku Kabid Pelayanan Medik RS Universitas Udayana. Untuk pemaparan "Pharmacovigilance and patient safety” disampaikan oleh dr. Jarir At Thobari, MD, MSc., PhD selaku Narasumber Akademia dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Penyampaian materi selanjutnya oleh Kasubdit Surveilan dan Analisis Risiko PT dan PKRT, Ibu Siti Asfijah A, S.Si., Apt., MMedSc, mengenai “Program Farmakovigilans di Indonesia”. Materi penutup disampaikan oleh I.B.N. Maharjana, S.Farm., M.Farm-Klim, Apt mengenai “Pemantauan Efek Samping Obat (ESO) di RS Universitas Udayana dan Kendala yang Dihadapi”.

 

Peserta sangat antusias dengan penyelenggaraan workshop ini, selain memperoleh ilmu baru tentang pengenalan farmakovigilans, pihak rumah sakit juga mengetahui bagaimana pemantauan, penanganan dan pelaporan efek samping obat yang terjadi di Rumah Sakit Universitas Udayana. Sebagai penutup, Ibu Siti Asfijah A, S.Si., Apt., MMedSc dan dr. Made Ayu Haryati, MARS menyampaikan harapan semoga workshop ini dapat menjadi penyemangat dalam pelaksanaan farmakovigilans di Rumah Sakit Universitas Udayana untuk mencapai tujuan patient safety. (mda)




Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 38.42%
    Sangat Menarik
  • 28.08%
    Menarik
  • 14.29%
    Cukup Menarik
  • 12.32%
    Tidak Menarik
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?