Berita



Pada tanggal 28 Mei 2015 yang lalu, Badan POM menyelenggarakan workshop program farmakovigilans bagi tenaga kesehatan di RS Awal Bros Batam. Workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan peran serta tenaga kesehatan dalam Monitoring Efek Samping Obat. Workshop ini dihadiri oleh sejawat tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, dan juga apoteker, selain itu juga hadir perwakilan dari Balai POM di Batam.

 

Kegiatan workshop ini dibuka oleh dr. Devy Serevina, Sp.PA sebagai perwakilan dari Direktur RS Awal Bros Batam. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dan diskusi. Sebagai narasumber pada workshop ini adalah Dr. Jarir At Thobari, PhD (Dosen Fak. Kedokteran UGM Yogyakarta), Ibu Siti Asfijah Abdoellah, SSi., Apt., MMedSc (Kasubdit Surveilan dan Analisis Risiko Produk Terapetik dan PKRT), dan Ibu Nine Febriyanti, S.Farm., Apt. (RS Awal Bros Batam).

 

Pada kesempatan kali ini, Dr. Jarir At Thobari menyampaikan mengenaiPharmacovigilance and Patient Safety, selain itu juga disampaikan beberapa informasi terbaru terkait dengan keamanan penggunaan beberapa obat. Ibu Siti Asfijah menyampaikan mengenai farmakovigilans di Indonesia, pengenalan subsitehttp://e-meso.pom.go.id, dan juga himbauan agar tenaga kesehatan di RS Awal Bros Batam semakin berperan aktif dalam pemantauan dan pelaporan efek samping obat. Ibu Nine Febriyanti menyampaikan mengenai profil dan pemantauan Efek Samping Obat (ESO) di RS Awal Bros Batam. Pada sesi diskusi terlihat antusiasme para peserta workshop untuk mengetahui lebih banyak mengenai farmakovigilans.

 

Badan POM menghimbau sejawat tenaga kesehatan untuk berpartisipsi aktif dalam pemantauan dan pelaporan efek samping obat untuk mengetahui profil keamanan obat beredar dan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan tindak lanjut regulatori terhadap suatu obat demi jaminan keamanan pasien. (SYS)



Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 40.11%
    Sangat Menarik
  • 29.38%
    Menarik
  • 12.99%
    Cukup Menarik
  • 10.17%
    Tidak Menarik
Poll
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?