Berita

                     


Sesuai mandat Badan POM dalam menjamin aspek keamanan atau safety, disamping menjamin manfaat/efikasi dan mutu obat yang beredar di wilayah Indonesia, dan seiring dengan tuntutan dunia perihal pemantauan keamanan penggunaan obat, atau yang dikenal dengan farmakovigilans, maka diperlukan peningkatan pemahaman farmakovigilans baik kepada petugas di Badan POM maupun BB/BPOM di seluruh Indonesia.

 

Kegiatan training Farmakovigilans ini dilaksanakan di Wisma PKBI, Jakarta pada tanggal 11-13 Agustus 2015 yang lalu dengan diikuti oleh perwakilan dari setiap BB/BPOM di seluruh Indonesia serta peserta dari unit-unit di lingkungan Badan POM. Pada training ini, peserta memperoleh pembekalan materi oleh dr. Jarir At Thobari, MD Pharm, PhD (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada), Dr. Suharti K. Suherman, SpFK (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), dr. Julitasari Sundoro (Komnas PP KIPI), dr. Endang Lukitosari (Subdit Tuberkulosis Kementerian Kesehatan), Dra. Hasriany Yusuf, Apt (praktisi Industri Farmasi), Dra. Retno Tyas Utami, Apt., M.Epid dan juga narasumber dari Badan POM.

 

Dalam sambutannya, Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan PKRT, Drs. Arustiyono, Apt., MPH, menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya training Farmakovigilans ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang farmakovigilans maupun peran dan tanggung jawab dalam pelaksanaan farmakovigilans. Komunikasi dan koordinasi yang baik merupakan kunci keberhasilan penyelenggaraan farmakovigilans di Indonesia agar tujuan patient safety dapat tercapai, oleh karena itu Peran BB/BPOM dapat terus ditingkatkan terutama dalam memperkuat jejaring kerja di tingkat Daerah, baik dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Asosiasi Profesi, Akademia, maupun Stakeholders lain terkait program farmakovigilans. (mda)

Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 40.76%
    Sangat Menarik
  • 28.8%
    Menarik
  • 13.04%
    Cukup Menarik
  • 10.33%
    Tidak Menarik
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?