Berita Terbaru             -  Actemra® (Tocilizumab) and Risk of Hepatotoxicity            -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019            -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)

News

Pada tanggal 21 Agustus 2017, untuk kali ketiga Badan POM menyelenggarakan Workshop/Peningkatan Kompetensi Farmakovigilans bagi Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Pendidikan yaitu RS Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.  Kegiatan ini dihadiri oleh high level management RS USU (Direktur Utama dan Direktur Pelayanan Medik & Keperawatan) dan tenaga kesehatan (dokter, apoteker, perawat) dari RS USU serta Kepala Balai Besar POM di Medan dan 4 orang staf.


Dr. Azwan Hakmi Lubis, Sp.A., M.Kes selaku Direktur Utama RS USU memberikan sambutan dalam workshop ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa RS USU yang baru berdiri pada Tahun 2016 akan terus berusaha melaksanakan Monitoring Efek Samping Obat (MESO) berikut pelaporannya serta mengapresiasi workshop Farmakovigilans yang dilaksanakan oleh Badan POM. Workshop ini dibuka secara resmi oleh Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan PKRT, Drs. H. G. Kakerissa, Apt.



Jarir At Thobari, MD.Dpharm, PhD., narasumber dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, menyampaikan materi tentang Pharmacovigilance and Patient Safety. Beliau menyampaikan Farmakogivilans menjadi penting bagi tumah sakit setelah era JCI dan akreditasi rumah sakit. Biaya yang dikeluarkan dari efek samping obat memakan biaya yang semakin meningkat setiap tahun. Penyampaian materi selanjutnya oleh Kasubdit Surveilan dan Analisis Risiko PT dan PKRT, Siti Asfijah A, S.Si., Apt., MMedSc, mengenai “Program Farmakovigilans di Indonesia”. Materi terakhir yaitu “Pemantauan Efek Samping Obat (ESO) di RS Universitas Sumatera Utara dan Kendala yang Dihadapi” disampaikan oleh dr. Sake Juli Martina, Sp.FK selaku Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama. Dalam paparanya, dr. Sake menyampaikan bahwa kendala di RS USU adalah masih kurangnya pengetahuan, kesadaran dan sosialisasi mengenai MESO. (rep&sc)

How do you think the content and appearance of this website?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?