Berita

Dalam pelaksanaan pharmacovigilance, dibutuhkan kerja sama yang baik antar semua key players, antara lain Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kementerian Kesehatan, sarana pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, akademia, dan industri farmasi. Masing-masing memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjamin keamanan obat sesuai dengan tugas dan fungsinya dengan tujuan yang sama yaitu menjamin keamanan pasien (patient safety).

 

Sistem pharmacovigilance yang berjalan saat ini adalah sentralistik atau terpusat, di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, yang telah dikenal oleh WHO sebagai National Centre for pharmacovigilance. Sistem pemantauan dan pelaporan efek samping dalam program pharmacovigilance dilakukan secara sukarela oleh tenaga kesehatan. Namun dalam perkembangannya, hal ini belum secara signifikan memiliki daya ungkit untuk peningkatan pelaporan efek samping di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan beberapa upaya strategis dalam rangka peningkatan program pharmacovigilance di Indonesia.

 

Salah satu pengembangan program pharmacovigilance yang dapat dilakukan adalah dengan mendekatkan program ini ke arah yang lebih hulu yaitu di sarana pelayanan kesehatan. Kami mencoba melakukannya dengan pendekatan sistem sentinel untuk pharmacovigilance di sarana pelayanan kesehatan di daerah tertentu, dengan fokus prioritas pharmacovigilance untuk obat yang digunakan dalam program kesehatan masyarakat.

 

Pada akhir 2012 Badan Pengawas Obat dan Makanan telah menyelenggarakan kegiatan Inisiasi Penyusunan Sentinel Pharmacovigilance di Indonesia sebagai langkah strategis untuk lebih meningkatkan cakupan pemantauan aspek keamanan obat ke tingkat pelayanan kesehatan hingga di daerah. Sentinel yang akan diinisiasi masih akan berupa piloting di beberapa daerah dengan populasi yang dianggap representatif.

 

Sebagai langkah awal pelaksanaan sentinel farmakovogilans, hingga Juli 2013 Badan POM telah dua kali melaksanakan kegiatan penyusunan pedoman sentinel farmakovigilans yang akan digunakan sebagai panduan dalam pelaksanaan farmakovigilans mulai dari pusat hingga sentinel yang ditunjuk. (zlf)

Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 40.76%
    Sangat Menarik
  • 28.8%
    Menarik
  • 13.04%
    Cukup Menarik
  • 10.33%
    Tidak Menarik
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?