Berita

Sebagaimana kita ketahui bahwa sesuai dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan masyarakat untuk dapat memperoleh informasi yang tepat juga menjadi tuntutan, demikian halnya dengan informasi terkait aspek keamanan obat. Oleh karena itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI mengembangkan subsite e-MESO (e-meso.pom.go.id). Subsite e-MESO diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran Contact Center Badan POM HALO BPOM 500533, Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRAFFS) dan e-Registrasi Ulang Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan pada acara puncak Peringatan HUT Badan POM RI ke-13 tanggal 5 Februari 2014.

 

Subsite e-MESO dikembangkan dalam rangka memberikan pelayanan akses informasi aktivitas farmakovigilans di Indonesia, dimana salah satu menu yang ada di sini adalah ADR Reporting (adverse drug reaction reporting). Menu ADR Reportingdapat digunakan oleh sejawat tenaga kesehatan dan juga industri farmasi dalam melakukan pelaporan efek samping obat yang terjadi di Indonesia secara elektronik atau online ke Badan POM RI, sebagai Pusat MESO/Farmakovigilans Nasional. Untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pelaporan ini, sejawat tenaga kesehatan atau industri farmasi harus melakukan pendaftaran atau subskripsi terlebih dahulu. Apabila pendaftaran atau subskripsi telah disetujui oleh kami sebagai administrator, maka pelaporan dapat dilakukan.

 

Sebelum adanya e-MESO, pelaporan efek samping obat ke Badan POM RI bersifatpaper-based dengan menggunakan formulir kuning ESO, yang dikenal denganyellow form. Dengan adanya fasilitas e-MESO ini, diharapkan peran aktif tenaga kesehatan dan industri farmasi dalam pelaporan ESO akan meningkat. Data laporan ESO yang diterima Badan POM sangat bermanfaat untuk memantau aspek keamanan obat beredar. (mda)

Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 40.76%
    Sangat Menarik
  • 28.8%
    Menarik
  • 13.04%
    Cukup Menarik
  • 10.33%
    Tidak Menarik
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?