Berita Terbaru             -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019            -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)            -  INFORMASI LANJUTAN (FOLLOW UP COMMUNICATION) UNTUK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL TENTANG TINDAK LANJUT ANGIOTENSIN II RECEPTOR BLOCKER (ARB)

Berita

Pada tanggal 30 – 31 Oktober 2014 yang lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan dukungan Global Fund menyelenggarakan Diseminasi Pedoman Penyelenggaraan Farmakovigilans Obat Program AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM). Kegiatan ini merupakan rangkaian kelanjutan dari kegiatan penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Farmakovigilans Obat Program ATM.

 

Dalam sambutannya, Dra. Togi J. Hutadjulu, Apt., MHA menyampaikan bahwa Farmakovigilans untuk obat program ATM merupakan hal yang penting dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi keamanan penggunaannya dalam menangani penyakit ATM.  Permasalahan dalam penggunaan obat seperti efek samping, dapat mempengaruhi ketidakpatuhan pasien dalam meminum obat sehingga mempengaruhi tingkat keberhasilan pengobatan, atau bahkan dapat memicu permasalahan lebih serius seperti resistensi.

 

Dengan dilaksanakan program ini secara terstruktur mulai dari fasilitas pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kab/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi, Balai Besar/Balai POM hingga Pemerintah Pusat (Badan POM dan Kementerian Kesehatan), maka diharapkan akan diperoleh cukup data dan informasi tentang keamanan penggunaan obat dengan basis populasi Indonesia sendiri. Data tersebut dapat digunakan untuk evaluasi dan dapat memberikan masukan kepada program kesehatan masyarakat.

 

Kegiatan Diseminasi Pedoman Penyelenggaraan Farmakovigilans Obat Program ATM dihadiri oleh Balai Besar/Balai POM seluruh Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia, perwakilan dari Badan POM dan Kementerian Kesehatan (Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (program ATM), Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Direktorat Pelayanan Kefarmasian).

 

Hadir pula sebagai narasumber yaitu dr. Jarir At Thobari, PhD (Fakultas Kedokteran, UGM), Dra. Erna Kristin, Apt (Fakultas Kedokteran, UGM), Drs. Bayu Teja Muliawan, Apt., M.Pharm., MM (Direktur Pelayanan Kefarmasian, Kemenkes), dan Dr. Hindra Irawan Satari, dr.,Sp.A(K)., M.Trop.Paed  (Ketua Komnas PP KIPI).

(mda)

Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 39.8%
    Sangat Menarik
  • 29.08%
    Menarik
  • 13.27%
    Cukup Menarik
  • 10.71%
    Tidak Menarik
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?