Berita Terbaru             -  INFORMASI AWAL UNTUK TENAGA PROFESIONAL KESEHATAN TERKAIT KEAMANAN PRODUK YANG MENGANDUNG BAHAN AKTIF RANITIDIN            -  INFORMASI AWAL UNTUK TENAGA PROFESIONAL KESEHATAN TERKAIT KEAMANAN PRODUK YANG MENGANDUNG BAHAN AKTIF RANITIDIN            -  Tecentriq (Atezolizumab) dan Risiko Baru dan Penting yang Teridentifikasi – Miositis terkait Imun            -  Actemra® (Tocilizumab) dan Risiko Hepatotoksisitas            -  Buletin Berita MESO Volume 37, No 1 Edisi Juni 2019

Safety Communication

PT Roche Indonesia ingin menyampaikan informasi keamanan terbaru kepada tenaga profesional kesehatan terkait dengan risiko penting baru yang teridentifikasi yaitu miositis terkait imun pada penggunaan Tecentriq® (Atezolizumab). 

Dermatomiositis dan polimiositis merupakan kelainan miositis yang paling sering dijumpai. Diagnosis didasarkan pada karakteristik klinis (kelemahan otot, nyeri otot, ruam kulit pada dermatomiositis), biokimiawi (peningkatan kreatin-kinase serum), dan hasil pencitraan (elektromiografi / Magnetic Resonance Imaging), dan dikonfirmasi dengan biopsi otot. Tenaga profesional kesehatan disarankan untuk menghentikan sementara penggunaan Tecentriq® bila terjadi miositis terkait imun derajat sedang atau berat (derajat 2 atau 3) dan menghentikan secara permanen bila terjadi miositis derajat berat yang berulang atau mengancam jiwa (derajat 3 dan Kelas 4 yang berulang). Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada surat terlampir.

 

 Lebih Lanjut

Sehubungan dengan adanya informasi dari US Food and Drug Administration (FDA) dan European Medicine Agency (EMA) mengenai cemaran Nitrosodimethylamine (NDMA) pada produk yang mengandung bahan aktif ranitidine, dalam rangka kehati-hatian bersama ini Badan POM menyampaikan Safety Communication ”Informasi Awal Untuk Tenaga Profesional Kesehatan Terkait Keamanan Produk Yang Mengandung Bahan Aktif Ranitidin”, dapat diunduh pada lampiran dibawah ini.

 

Salam,

 Lebih Lanjut

Sebagai bentuk tanggung jawab industri farmasi dalam pengawasan aspek keamanan terhadap obat yang diproduksi dan diedarkannya, PT Roche Indonesia menerbitkan safety communication kepada tenaga kesehatan profesional terkait dengan risiko penting baru yang teridentifikasi yaitu risiko hepatotoksisitas pada penggunaan Actemra® (Tocilizumab). 

Cedera hati serius yang diinduksi obat, termasuk gagal hati akut, hepatitis, dan penyakit kuning yang membutuhkan transplantasi hati pada beberapa kasus telah diamati pada pemberian Actemra® (Tocilizumab).  Walaupun frekuensi hepatotoksisitas serius ini dianggap jarang, pemantauan harus terus dilakukan ketika mempertimbangkan untuk memulai terapi menggunakan Tocilizumab pada pasien dengan nilai ALT dan AST di atas 1,5x batas atas normal, pasien dengan Rheumatoid Arthritis dan Polyarticular Juvenile Idiopathic Arthritis. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada surat terlampir.

 

 Lebih Lanjut

Sehubungan dengan adanya perkembangan terbaru tentang obat antihipertensi Golongan Angiotensi II Receptor Blocker (ARB) yang diterbitkan oleh European Medicines Agency (EMA) dan United States - Food and Drug Administration (US - FDA)  serta tindaklanjut yang dilakukan oleh Badan POM, Badan POM menerbitkan informasi bagi tenaga professional kesehatan, sesuai dengan Lampiran Informasi Lanjutan (Follow Up Communication) Untuk Tenaga Kesehatan Profesional Tentang Tindaklanjut Penarikan Antihipertensi Golongan ARB.

Dalam rangka kehati-hatian, bersama ini kami sampaikan Safety Communication ” Informasi Lanjutan (Follow Up Communication) Untuk Tenaga Kesehatan Profesional Tentang Tindaklanjut Penarikan Antihipertensi Golongan ARB”, dapat diunduh pada lampiran dibawah ini.

 

 Lebih Lanjut

Sehubungan dengan informasi keamanan obat Hydrochlorothiazide (HCT) yang diterbitkan oleh European Medicines Agency (EMA) dan sumber lainnya, Badan POM menerbitkan informasi bagi tenaga professional kesehatan, sesuai dengan Lampiran Informasi Keamanan terkait Risiko Kanker Kulit Non Melanoma Pada Penggunaan Hydrochlorothiazide (HCT).

Demikian informasi ini kami sampaikan sebagai komunikasi risiko dalam rangka meningkatkan kehati-hatian/awareness Bapak/Ibu sekalian dalam penggunaan Hydrochlorothiazide (HCT) ini.

 Lebih Lanjut

Polling

Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?
  • 39.42%
    Sangat Menarik
  • 27.4%
    Menarik
  • 13.94%
    Cukup Menarik
  • 12.5%
    Tidak Menarik
Menurut anda bagaimana isi dan tampilan dari website ini ?




logo dsras Email Rapid Alert System

Selamat email anda telah berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia.

 

logo dsras Email Rapid Alert System

Anda ingin berhenti berlangganan untuk selalu mendapatkan informasi terkini mengenai keamanan obat yang beredar di Indonesia?